Minggu, 14 Juni 2009

Makanan Khas Balikpapan


Percaya atau tidak, hampir segala jenis makanan dari tanah air bisa ditemukan di banua mantra (kota minyak dalam bahasa Banjar) ini. Ragam makanan ini mencerminkan warga Balikpapan yang multi etnis. Tapi, ada beberapa sajian yang memang hanya bisa ditemukan di sini dan wajib dicicipi saat singgah di Balikpapan.
Kepiting
Sajian seafood bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru Balikpapan. Selain ikan bakar, yang istimewa di sini adalah kepiting. Sampai-sampai ada yang bilang, belum ke Balikpapan kalau Anda belum mencoba kepitingnya! Setuju atau tidak dengan pendapat tersebur, tapi aneka sajian dan olahan kepiting yang ada di kota ini memang wajib dicoba. Ukuran kepitingnya yang besar begitu menggoda. Malas mengupasnya dan takut tergores cangkang yang tajam? Pilih kepiting soka yang kulitnya lunak dan bisa dimakan.
Masakan favorit pelancong adalah kepiting lada hitam, kepiting asam manis, dan kepiting saos. Kepiting lada hitam dengan bumbunya yang pekat memang sangat lezat Satu porsi kepiting dihargai mulai dari Rp 80.000-Rp 120.000. Isinya empat ekor, pas untuk berdua. Ingin membagi kelezatan kepiting ini pada keluarga? Restoran Kepiting Kenari dan Kepiting Dandito adalah dua di antara beberapa restoran kepiting di Jln. Marsma Iswahyudi yang menyediakan paket oleh-oleh kepiting yang dikemas rapi.

Pepes Patin
Pepes patin nikmat sekali bila disantap bersama sambal kecap atau sambal pencit (sambal dengan irisan mangga muda) plus lalapan. Penjualnya juga akan menyajikan dua pilihan sayur untuk mendampingi pepes patin yang Anda pesan, sayur sop atau sayur asem. Berbeda dengan sayur asem dari tanah Jawa, sayur yang dimaksud adalah sayur bening yang berisi kangkung dan batang daun teratai. Tidak terlalu asam seperti namanya, dan terasa segar di lidah. Nikmat!

Bingka kentang
Camilan dari gilingan kentang rebus ini kelihatan padat, namun lembut dan sangat manis di lidah. Adonan bingka asli memang tidak dicampur tepung, tapi hanya menggunakan kentang. Kandungan telur, gula, dan santan masak yang kental menjadikan rasa bingkanya istimewa. Pelopor bingka kentang di Balikpapan adalah Bingka Kentang Stal Kuda, di Jln. Jend. Sudirman Stalkuda. Di etalasenya, berderet bingka berwarna kecoklatan berbentuk mahkota bunga dan bingka kecil beragam rasa; keju, pandan, atau pisang. Pilih sesuai selera dan nikmati manisnya Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar